Sabtu, November 24, 2007

Belajar PHP-MySQL (1)

Download AppServ For Windows


Dengan semakin mudah, murah dan makin beragam alternatif akses ke jaringan internet - membuka peluang kepada banyak pihak untuk bisa berkecimpung dalam memanfaatkan internet untuk berbagai keperluan : Informasi, komunkasi, interaksi, edukasi, promosi produk/layanan, dan lain-lain - baik dalam bentuk halaman web statis maupun yang dinamis.

Untuk membuat halaman web statis, bukanlah hal yang terlalu sulit karena dengan sedikit belajar web editor seperti : Microsoft FrontPage atau Macromedia Dreamweaver seorang pemula bisa berekperimen secara langsung. Apa yang tampil di halaman web editor akan langsung bisa ditampilkan pada browser tanpa harus melakukan instalasi software tambahan atau konfigurasi pada systemnya.

Tingkat kesulitan akan lebih terasa bagi seorang pemula untuk membuat halaman-halaman web dinamis. Diperlukan kemampuan pemrograman dan melakukan manipulasi database yang digunakan pada aplikasi online yang akan dibuatnya serta mengkonfigurasi komputernya agar bisa bertindak sebagai web server.

Untuk membantu pemula yang ingin belajar pemrograman PHP, database MySQL dan mengkolaborasi keduanya agar bisa menangani aplikasi-aplikasi web, telah banyak dihasilkan aplikasi-aplikasi siap pakai yang bisa dimanfaatkan oleh seorang pemula untuk membangun aplikasi web yang diinginkan.

Salah satunya adalah AppServ for Windows, paket instaler yang di dalamnya termasuk:

Apache Web Server Version 2.2.4
PHP Script Language Version 5.2.3
MySQL Database Version 5.0.45
PHPMyAdmin Database Manager Version 2.10.2

Sambil menunggu materi-materi tentang PHP MySQL yang dalam prakteknya akan memanfaatkan paket-paket installer tersebut, Anda bisa download terlebih dahulu file Installernya di http://appserv.en.softonic.com/download

Tidak ada komentar:

Posting Komentar